Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana ciri-ciri kucing yang sehat?

Halo sahabat Bibul, gimana kabarnya pagi ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT, begitu juga dengan kucing kesayangannya. Semoga tetap sehat, lincah, dan menggemaskan karena sebagai pemilik kucing, kita tentu menginginkan kucing kesayangan kita tetap sehat dan tidak kurang suatu apa pun. 

Bagaimana ciri-ciri kucing yang sehat? Silahkan simak artikel berikut ini:




Ciri-ciri Kucing yang Sehat

Berikut ini ada beberapa ciri kucing yang sehat, yaitu sebagai berikut:

1. Memiliki Nafsu Makan yang Baik

Ciri pertama kucing yang sehat adalah memiliki nafsu makan yang baik dengan porsi yang tepat sesuai dengan umurnya. Kucing akan sangat berisik jika kamu telat memberinya makan dan akan mengikuti kemana pun kaki melangkah. Kucing yang kurang sehat atau tidak enak badan  menjadi indikasi pertama yang menunjukkan bahwa kucing kamu sehat dan bahagia. Artinya, tidak adanya nafsu makan menjadi pertanda bahwa kucing kamu sedang tidak enak badan atau mungkin sedang stres.

Kucing yang normal akan selalu makan dengan porsi yang tepat sesuai dengan umur dan ukuran yang dimiliknya. Sebaliknya, kucing yang sakit akan makan dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan kucing yang sehat atau bahkan tidak makan sama sekali. 

2. Memiliki Suhu Tubuh yang Normal

Suhu tubuh adalah salah satu cara untuk mengetahui kesehatan kucing. Suhu tubuh kucing yang normal biasanya antara 37,5 hingga 39 derajat celsius. Untuk mengecek suhu tubuh kucing dapat dilakukan dengan cara memasukkan termometer ke dalam anus kucing. Jika suhu kucing melebihi 39 derajat Celsius, itu tandanya kucing sedang tidak sehat dan harus mendapatkan bantuan dari dokter.

3. Memiliki bulu yang bersih dan mengkilap

Kucing yang sehat memiliki bulu yang bersih, mengkilap, dan bebas dari kerontokan yang berlebihan. Bulu yang kusut, kusam, atau rontok yang berlebihan dapat menunjukkan masalah kesehatan pada kucing.

4. Memiliki mata yang cerah dan bersih

Mata kucing yang sehat harus jernih, bersih, dan bebas dari lendir atau kotoran. Mata yang terlihat kabur, merah, atau berair dapat menunjukkan adanya infeksi atau masalah kesehatan lainnya.

5. Hidung yang basah dan dingin

Hidung yang kering atau terlalu basah dapat menunjukkan masalah kesehatan pada kucing.

6. Memiliki telinga yang bersih dan bebas dari bau

Telinga kucing yang berbau busuk atau terlihat kotor dapat menunjukkan adanya infeksi telinga atau masalah kesehatan lainnya.

7. Aktif bermain

Kucing yang sehat tentu lebih aktif dan suka bermain. Kucing yang terlihat lelah atau malas dapat menunjukkan adanya masalah kesehatan.

8. Buang air besar dan kecil teratur

Kucing yang sehat buang air besar dan air kecil dengan teratur dan tanpa kesulitan.

Perlu diingat bahwa ciri-ciri di atas hanya sebagai panduan umum dan setiap kucing dapat memiliki keadaan kesehatan yang berbeda-beda. Jika Anda merasa ada sesuatu yang tidak normal pada kucing Anda, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Lihat juga:

Kucing gemuk dan bulu gembul

Pembasmi scabies

Penambah nafsu makan

Minyak ikan salmon

Minyak ikan kucing

Vitamin masalah kulit kucing




Posting Komentar untuk "Bagaimana ciri-ciri kucing yang sehat?"