Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Penyebab Kucing Susah Buang Air Besar?

DuniaKucing, Muara Bungo- Apa Penyebab Kucing Susah Buang Air Besar? Sama seperti manusia, kucing pun pernah mengalami susah buang air besar atau susah PUP. Bahkan ada yang tidak PUP berhari-hari. Kenapa bisa begitu? Apa penyebab kucing susah PUP? Silahkan simak penjelasannya di dalam artikel berikut ini:




Jangan sepelekan kucing yang susah PUP, karena biasanya  kucing yang sehat akan PUP atau buang air besar sehari sekali. 

Sebagai pemilik kucing, kamu perlu mengecek bagaimana kondisi pup kucing setiap hari. Apabila pup kucing bagus, itu artinya sistem pencernaan kucing sehat. Namun, jika pupnya terlalu keras atau disertai dengan darah, kamu patut curiga. Kemungkinan kucing sedang mengalami gangguan kesehatan.

Bagaimana Gejala Kucing Susah Buang Air Besar?

Kucing yang susah PUP memiliki beberapa gejala, diantaranya adalah:

  1. Kucing kehilangan nafsu makan
  2. Kucing berjalan rada membungkuk
  3. Kucing tampak kesakitan saat mengejan
  4. Perut kucing tampak menegang dan keras
  5. Kucing tampak depresi

Apa Penyebab Kucing Susah Buang Air Besar?

Kucing yang susah buang air besar atau sembelit bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari faktor internal maupun eksternal. Beberapa penyebab umum dari sembelit pada kucing antara lain:

1. Dehidrasi

Jika kucing tidak minum cukup air atau kekurangan cairan, tinja kucing menjadi keras dan susah untuk dikeluarkan.

2. Kurangnya serat dalam diet

Diet kucing yang tidak mengandung serat cukup dapat menyebabkan sembelit karena serat membantu menjaga kesehatan usus dan memperlancar gerakan usus.

3. Aktivitas fisik yang kurang

Kucing yang kurang aktif cenderung memiliki gerakan usus yang lebih lambat sehingga bisa mengalami sembelit.

4. Obesitas

Kucing yang kelebihan berat badan memiliki risiko lebih tinggi terkena sembelit karena kurangnya aktivitas fisik dan diet yang buruk.

5. Penggunaan obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat seperti antidepresan, obat antiinflamasi, dan obat penurun tekanan darah dapat menyebabkan sembelit pada kucing.

6. Masalah kesehatan lainnya

Beberapa masalah kesehatan seperti gangguan tiroid, diabetes, dan penyakit hati juga bisa menyebabkan sembelit pada kucing.

Bagaimana Mengatasi Sembelit Pada Kucing?

Untuk mengatasi sembelit pada kucing, pemilik kucing bisa memberikan diet yang mengandung serat cukup, memperbanyak aktivitas fisik kucing, dan memastikan kucing minum cukup air. Jika sembelit kucing tidak membaik setelah perubahan gaya hidup atau diet, maka pemilik kucing harus membawa kucing ke dokter hewan untuk memeriksakan kesehatan dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Demikian, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa Penyebab Kucing Susah Buang Air Besar?"